Air merupakan komponen penting dalam kehidupan alam.

Air Kembali Jernih Dengan Biji Kelor

Kebutuhan air bagi manusia adalah sebuah hal yang mesti terpenuhi. Air dibutuhkan untuk mandi, minum, bahkan sampai urusan buang hajat. Namun kenyataan yang ada sekarang kebutuhan air bersih di daerah-daerah mulai mengalami kesulitan.

Hal ini dikarenakan kejernihan air yang mulai berkurang. Ada rahasia dibalik jernih air dan biji kelor. Air tanah yang mulai terpapar begitu banyak residu sehingga mengakibatkan air nampak agak keruh. Sehingga kejernihannya sudah tidak nampak lagi. Jika air ini digunakan apa lagi dikonsumsi manusia maka bisa mengganggu kesehatan tubuh. Banyak kuman yang bersarang di air tersebut. Sehingga air tersebut perlu dijernihkan. Satu cara penjernihan yang masih cukup dirahasiakan adalah dengan biji kelor.


Penjernihan Air Menggunakan Biji Buah Kelor

Biji kelor atau dalam bahasa latinnya Moringa Oleifera merupakan biji dari buah tanaman kelor yang akrab dijumpai di sekitar kita. Pada dasarnya cara penjernihan air dengan bahan ini adalah dilakukan melalui zat kimia. Zat kimia tersebut ada pada serbuk biji buah kelor yang telah dihaluskan yang bisa menimbulkan sebuah gumpalan di residu atau kotoran yang ada di air keruh.
Kandungan biji buah kelor yang mampu menjernihkan air adalah berupa zat yang berperan aktif sehingga dapat mengadopsi serta menjernihkan berbagai partikel endapan lumpur, kandungan logam atau besi, dan limbah-limbah lainnya yang melayang mencemari air. Cara penjernihan air dengan biji kelor juga sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Cara Menjernihkan Air Dengan Biji Kelor

Langkah awal dalam proses penjernihan ini dimulai dengan mengeluarkan biji kelor dari bagian buahnya lalu dibersihkan. Selanjutnya biji tersebut dikemas dalam kain lalu dihaluskan dengan cara menumbuk. Pastikan biji benar-benar halus agar bisa sempurna penggumpalannya. Langkah selanjutnya adalah mencampur bubuk biji kelor ke dalam air yang keruh, takarannya 1 liter air keruh menggunakan 1 biji buah kelor. Tahap selanjutnya campurkan biji kelor yang sudah ditumbuk tadi dengan sedikit air. Lakukan pencampuran hingga berubah menjadi sejenis pasta. Setelah terbentuk pasta maka masukkan pasta tersebut ke dalam air yang keruh lalu campur dengan cara pengadukan. Lakukan pengadukan dengan cepat selama kurang lebih 30 detik dengan hitungan 55 s.d. 60 putaran dalam semenit. Setelah air mengalami pengadukan, lalu air dibiarkan mengendap selama 1 sampai dengan 2 jam. Semakin lama biar diendapkan maka semakin bagus kualitas kejernihan air tersebut. Setelah air jernih ambil air yang jernih lalu keluarkan endapan dan air kotor untuk dibuang. Langkah penjernihan air dengan biji kelor telah selesai. Langkah ini sangat aman bagi kesehatan dan air jauh lebih untuk dikonsumsi.


Informasi Lebih lanjut?
Hubungi Kami Sekarang!


Contact us
Summary
Biji Kelor
Article Name
Biji Kelor
Description
Biji kelor atau dalam bahasa latinnya Moringa Oleifera merupakan biji dari buah tanaman kelor yang akrab dijumpai di sekitar kita. Pada dasarnya cara penjernihan air dengan bahan ini adalah dilakukan melalui zat kimia.
Author
Publisher Name
Kelor Web Id
Publisher Logo