Pohon kelor sebuah pohon yang tidak asing lagi bagi masyarakat tropis Indonesia.

Pohon kelor banyak dikembangkan guna diambil manfaatnya.

Bentuk pohon ini hanya mencapai tinggi berkisar 7 s.d 12 meter saja. Bentuk pohonnya dipenuhi dengan dahan.

Menurut sejarahnya pohon ini dipercaya berasal dari dataran India yang dikenal dengan berbagai macam khasiatnya di semua lini kehidupan manusia. Di dahan pohon kelor dipenuhi dengan daun-daun kecil berbentuk oval telur dengan dominan warna hijau. Kelor juga memiliki buah dengan bentuk kecil-kecil menyerupai segitiga yang menjuntai panjang ke bawah. Orang Jawa sering menyebut kelentang kelor untuk menamakan buahnya. Pohon ini selain kaya akan manfaat bagi kesehatan juga dipercayai memiliki mitos di kalangan masyarakat. Banyak cerita terkait dunia mistis yang mewarnai dalam perkembangan pohon kelor. Kepercayaan itu nyatanya masih saja diyakini di beberapa kalangan masyarakat. Mitos yang berkaitan dengan tanaman ajaib bernama kelor diantaranya.


1. Mitos Galih Kelor

Galih merupakan bagian dalam dari pohon kelor. Sehingga jika ingin mencari galih maka harus membuka terlebih dahulu bagian kayu pohon ini. Warna dari galih kelor umumnya berwarna hitam tua. Sayangnya tidak semua kelor memiliki galih, butuh kesabaran untuk mendapatkan galih kelor ini. Bagian galih inilah yang dipercaya memiliki banyak kekuatan mistik.
Kekuatan mistik dari galih pohon kelor diyakini ampuh untuk meredam segala bentuk perilaku jahat manusia, mampu menangkal kekuatan sihir dan serangan senjata-senjata yang bersifat tidak kasat mata. Ada juga yang meyakini jika galih kelor efektif menjaga kerukunan istri tua dan istri muda bagi yang berpoligami. Untuk urusan bisnis juga bisa menggunakan galih kelor sebagai jimat penglarisan.
Cara pakai kesaktian galih kelor dengan menjadikan potongan galih tersebut menjadi mata cincin. Lalu digunakan pada cincin yang berbahan perak. Selanjutnya cincin galih kelor dipakai dalam aktivitas harian.

2. Mitos Daun Kelor

Selain bagian galih, ada juga mitos yang berkaitan dengan daun pohon kelor. Bahkan mitos daun kelor masih sangat kuat tertanam di kalangan masyarakat. Bagi masyarakat pedesaan daun kelor diyakini ampuh melunturkan kesaktian seseorang. Misalnya ada orang yang sudah dalam keadaan sekarat namun tak kunjung meninggal, maka timbul kepercayaan jika orang tersebut memiliki kesaktian.
Kesaktian tersebut harus segera dilepas agar meninggal dengan tenang. Maka sarana untuk melepasnya adalah menggunakan daun kelor. Dengan diusapkan di sekujur tubuh maka orang tersebut dapat meninggal dengan tenang. Selanjutnya ketika jenazah dimandikan juga diseka dengan daun kelor supaya jasad tersebut bebas dari semua jenis mahluk halus yang menempel di jasadnya.

Terlepas dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sekarang ini. Mitos mengenai pohon kelor masih terus diyakini di masyarakat. Sehingga mitos tersebut akan selalu mendampingi manfaat dan kegunaan kelor secara ilmiah. Mitos hanyalah sekedar mitos saja, semua itu hanya perantara dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Informasi Lebih lanjut?
Hubungi Kami Sekarang!


Contact us